Hot News :

Jawaban Metode Penelitian Pertemuan 1 Bina Sarana Informatika

Saturday, October 5, 2013

Jawaban Pertemuan 1

1.Ada beberapa cara dalam menemukan kebenaran melalui pendekatan non ilmiah, yaitu melalui: kebetulan,   trial and error, otoritas, spekulatif, akal sehat, prasangka, dan intuisi.Pengertian Dari Masing-Masing Adalah;
*.kebetulan Yaitu Suatu peristiwa yang tidak disengaja kadang-kadang ternyata menghasilkan suatu kebenaran yang menambah perbendaharaan pengetahuan manusia, karena sebelumnya kebenaran itu tidaklah diketahui.

*.trial and error Yaitu Mencoba sesuatu secara berulang-ulang, walaupun selalu menemukan kegagalan dan akhirnya menemukan suatu kebenaran disebut cara kerja trial and error.

*.otoritas Yaitu Di dalam masyarakat, kerapkali ditemui orang-orang yang karena kedudukan
pengetahuannya sangat dihormati dan dipercayai. Orang tersebut memiliki kewibawaan yang besar di lingkungan masyarakatnya.

*.spekulatif adalah Cara ini mengandung kesamaan dengan cara trial and error karena mengandung unsur untung-untungan dalam mencari kebenaran.

*.Akal sehat dan ilmu adalah dua hal yang berbeda sekalipun dalam batas tertentu keduanya mengandung persamaan.

*.Prasangka adalah Pencapaian pengetahuan secara akal sehat diwarnai oleh kepentingan orang yang melakukannya.

*.intuisi adalah Dalam pendekatan intuitif orang menentukan “pendapat” mengenai sesuatu berdasar atas “pengetahuan” yang langsung atau didapat dengan cepat melalui proses yang tak disadari atau yang tidak difikirkan lebih dahulu.

2.teori penelitian

3.koheren contohnya Yaitu Setiap Manusia Pasti mati Sedangkan  koresponden contohnya pernyataan bahwa ibu kota jakrta adalah dki jakarta.

4.Berfikir yaitu timbul rasa sulit kemudian rasa sulit tersebut berubah menjadi keinginan untuk memecahkan suatu solusi.setiap orang berbeda untuk mencari solusi yang akan ditempuh,tergantung orang tersebut

5.Teori adalah suatu definisi dalam memecahkan suatu masalah yang di ambil dari hasil penelitian yg kemudian dituangkan menjadi suatu solusi.sedangkan penelitian adalah Suatu proses penyelidikan secara sistematis yang hasilnya akan didefinisikan berupa teori

6.contoh Penelitian : adanya suatu kumpulan organisasi masyarakat di sekitar kita yang menurut mereka adalah benar berdasarkan pemikiran dari sekelompok atau sekumpulan orang tersebut.

7.kualitatif adalah Desain: umum, fleksibel, berkembang, tampil dalam proses penelitian
Tujuan: memperoleh pemahaman makna verstehen, mengembangkan teori, menggambarkan realitas yang kompleks. Teknik Penelitian: Observasi, participant observation, wawancara terbuka,,sedangkan
kuantitatif adalah Desain: spesifik, jelas, terinci, ditentukan secara mantap sejak awal, menjadi pegangan langkah demi langkah.Tujuan: menunjukkan hubungan antara variabel, mentest teori, mencari generalisasi yang mempunyai nilai prediktif.Teknik Penelitian: eksperimen, survey, observasi berstruktur, wawancara berstruktur

8.*.Ketrampilan Inventif, merupakan sifat umum, yaitu seseorang dapat menemukan sesuatu dengan pengalaman. Ketrampilan ini tidak memerlukan penalaran ataupun training secara formal.

*. Ketrampilan teknis (Engineering), adalah hasil dari terapan dari text book untuk memecahkan masalah-masalah teknis yang dihadapi. Secara umum peneliti-peneliti dinegara berkembang mempunyai ketrampilan jenis ini.

*. Ketrampilan Teknis ilmiah, ketrampilan ini diperoleh sesudah menamatkan program magister pada perguruan tinggi. Ketrampilan ini berjenis-jenis tingkatannya dan ketrampilan yang diperoleh dapat menguasai teknik dan cukup kemampuan ilmiah serta background teori dalam mengadakan analisis.

*. Ketrampilan ilmiah konseptual.
Si peneliti telah memperoleh ketrampilan konsepsional. Skill ini dipunyai oleh peneliti yang cukup berpengalaman dan oleh doktor-doktor filosofi.





Artikel Terkait
Judul: Jawaban Metode Penelitian Pertemuan 1 Bina Sarana Informatika
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Paling Akurat
Paling AkuratUpdated at:1:23 AM
Share this Article on :

1 comments:

Anonymous said...

share yg lain lg gan ;)

Post a Comment

Kami Harap Untuk Koment Yang Sepantasnya 'Thanks

 

© Copyright 2013 Paling Akurat.|Design by: