Hot News :

Metode Penelitian Bina Sarana Informatika

Saturday, October 5, 2013

PERTEMUAN 1



1. Tidak selamanya penemuan kebenaran ilmiah diperoleh secara ilmiah.Kadangkala kebenaran dapat ditemukan melalui proses non ilmiah. Saudara sebut dan jelaskan 7 kebenaran yang ditemukan melalui proses non ilmiah tersebut !
2. Hubungan antara penelitian, ilmu dan kebenaran menurut Almack dan Whitney terdapat perbedaan dalam menetapkan hasil. Menurut pendapat Saudara, teori mana yang relevan di dalam aplikasinya !
3. Kebenaran Ilmiah dapat diterima dikarenakan oleh tiga hal yaitu : adanya koheren, adanya koresponden dan pragmatis. Saudara beri 2 (dua) contoh untuk masing-masing hal tersebut aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari
4. Proses berpikir lahir dari suatu rasa sangsi akan sesuatu dan keinginan untuk memperoleh suatu ketentuan, yang kemudian tumbuh menjadi suatu masalah yang khas. Saudara sebut dan jelaskan bagaimana kira-kira proses yang terjadi ketika berpikir !
5. Saudara jelaskan kontribusi dari teori terhadap penelitian !

6. Saudara jelaskan dan beri contoh dari kualifikasi peneliti menurut Whitney (1960) !
7. Apakah perbedaan antara penelitian kualitatif dengan penelitian kuantitatif, berikan contoh untuk masing-masing jenis penelitian tersebut !

8. Di negara-negara yang sedang berkembang, pengembangan penelitian sangat ditentukan oleh tingkat pengetahuan, keterampilan serta kualifikasi si peneliti. Menurut Boyce dan Evenson, ada 4 (empat) tingkat keterampilan dalam melaksanakan penelitian yaitu : keterampilan inventif, keterampilan teknis, keterampilan teknis-ilmiah dan keterampilan ilmiah-konseptual. Saudara jelaskan dan beri contoh aplikasinya untuk masing-masing tingkat keterampilan dimaksud

Jawaban : Lihat Jawaban Nya.



---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

PERTEMUAN 2

1. Penelitian dengan metode sejarah, amat luas lapangannya. Di lapangan pendidikan serta lapangan ilmu perilaku yang lain. Saudara jelaskan dan beri contoh dari penelitian dengan metode sejarah dalam dunia pendidikan danb ilmu perilaku lainnya !

2. Saudara jelaskan perbedaan mendasar antara Remain dengan Dokumen dan beri contoh untuk masing-masing !

3. Penelitian historis banyak sekali macamnya. Akan tetapi, secara umum, dapat dibagi menjadi 4 (empat) jenis, yaitu : Penelitian Sejarah Komparatif, Penelitian Yuridis atau Legal, Penelitian Biografis dan Penelitian Bibliografis. Saudara jelaskan dan beri contoh untuk masing-masing jenis penelitian tersebut !

4. Saudara jelaskan apa yang dimaksud dengan metode survei dengan studi kasus !

5. Saudara jelaskan kelemahan-kelemahan yang dimiliki oleh Studi Kasus !

6. Jika seorang peneliti mempunyai teman peneliti (co-worker) dalam melaksanakan percobaan, maka team work amat diperlukan. Saudara jelaskan kebaikan-kebaikan adanya teman di dalam meneliti (team work) !

7. Apabila dihubungkan antara penelitian dan tindakan, maka dapat kita lihat hubungan antara penelitian dan tindakan. Saudara jelaskan hubungan dimaksud !

8. Saudara sebutkan perbedaan antara penelitian deskriptif dengan penelitian eksperimen !

Artikel Terkait
Judul: Metode Penelitian Bina Sarana Informatika
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Paling Akurat
Paling AkuratUpdated at:1:15 AM
Share this Article on :

0 comments:

Post a Comment

Kami Harap Untuk Koment Yang Sepantasnya 'Thanks

 

© Copyright 2013 Paling Akurat.|Design by: